Thursday, 1 August 2013

Liburan Bersama Bayi

Liburan Bersama Bayi

berlibur bersama bayiBerlibur bersama keluarga memang menyenangkan. Namun, jika Anda membawa bayi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan


Pilih Tujuan Liburan yang Aman dan Nyaman untuk Bayi

Aman dan nyaman untuk bayi bisa menyangkut beberapa pertimbangan:
  • Cuaca di tempat tujuan tidak ekstrim, serta tidak berbeda jauh dengan cuaca di tempat Anda tinggal (terlalu dingin atau terlalu panas, misalnya). Jika Anda bepergian ke luar negeri, pastikan musim di sana sedang bersahabat. Sangatlah bijaksana jika Anda mencaritahu terlebih dulu seperti apa kondisi ‘terkini’ di tempat tujuan liburan Anda.
  • Fasilitas yang cukup. Kalau Anda ingin berpetualang menembus Ujung Kulon misalnya, ya jangan bawa si kecil lah… Pilihlah tujuan berlibur yang memiliki sarana umum yang memadai, diantaranya adalah tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan bayi (seperti popok, susu, dll), penginapan yang baik, sarana transportasi yang memadai, fasilitas kesehatan, dan sebagainya
  • Hindari berlibur menggunakan paket wisata. Jika Anda tidak membawa bayi, silahkan saja membeli paket wisata untuk berlibur. Namun jika ada si kecil, tentu saja jadwal paket wisata yang serba padat dan terburu-buru akan sangat menyulitkan dan melelahkan, baik untuk Anda maupun untuk bayi Anda. Lebih baik buatlah rencana liburan sendiri, sehingga bisa lebih bebas dan santai

Bingung Berlibur ke Mana?

Tempat bermain yang paling digemari oleh bayi dan anak adalah yang berhubungan dengan air! Anda bisa membawa si kecil ke pantai, namun pastikan pantainya yang memiliki ombak yang tenang, sehingga si kecil bisa bermain dengan aman dan nyaman.
Ada pantai-pantai tertentu yang airnya relatif tenang, karena terlindung oleh benteng karang, berada di cekungan teluk, atau berupa selat. Hindari pantai-pantai yang curam dan berombak besar seperti yang terdapat di banyak titik di pantai laut selatan negeri kita.
Sebisa mungkin, pilih juga pantai yang berpasir putih dan kondisinya bersih, sehingga si kecil dapat bermain pasir dengan puas.
Bermain air bersama bayi Anda juga bisa Anda lakukan di berbagai taman air yang sudah menjamur di mana-mana. Jika Anda tinggal di kota besar, tentu tidak perlu pergi jauh-jauh untuk bisa mencapainya. Namun yang perlu diperhatikan adalah kenyamanannya, karena pada masa liburan, biasanya tempat-tempat ini penuh sesak seperti cendol :)
Setelah air, anak-anak sangat menyukai binatang, termasuk bayi. Anda bisa membawa si kecil berlibur ke tempat-tempat yang berhubungan dengan alam, untuk memperkenalkannya kepada berbagai jenis hewan dan tumbuhan.
Pilihan lainnya adalah mengunjungi kota-kota besar yang memiliki banyak tempat menarik untuk bayi seperti kebun binatang, area bermain, musium, dan sebagainya.
Nah, yang tidak kalah pentingnya, usahakan Anda menyiapkan keperluan untuk bepergian yang praktis. Banyak orangtua yang membawa berbagai macam barang dan benda ketika berlibur, padahal hampir setengahnya tidak terpakai di tempat tujuan!
Berkemaslah dengan praktis. Bawa apa yang diperlukan selama perjalanan saja. Apa yang sekiranya tersedia dan dapat dibeli di tempat tujuan, lebih baik tidak dibawa, seperti popok, susu, makanan, dan sebagainya.
Untuk menghibur si kecil selama perjalanan, Anda bisa membelikan mainan baru untuk si kecil, sehingga ia sibuk dengannya dan tidak rewel.
Post a Comment

Facebook Share